Tips Menghilangkan Pahitnya Pare



Anda suka pare? Pare, buah yang terkenal dengan rasa pahitnya, namun memiliki khasiat untuk menurunkan gula darah jika dikonsumsi dalam porsi yang tepat. 

Untuk mengurangi rasa pahitnya, sebelum dimasak, pare dibersihkan dari isinya kemudian diiris-iris. Uleni irisan pare itu dengan garam. Cuci dengan air sampai bersih. Saat akan dimasak beri kembali garam sebanyak 1 sendok teh. Maka rasa pahitnya akan berkurang.
Selamat Mencoba!

sumber : tokoprogo
gambar : luziansya.com

Read more »

Tips Cerdas Usir Lalat Rumah Secara Alami

Keberadaan lalat rumah sangat mengganggu, baik secara kesehatan maupun kenyamanan, seperti diketahui lalat seringkali hinggap dan bertelur di makanan, yang sebelumnya lalat hinggap di tempat-tempat yang kotor dan membawa bibit penyakit dari tempat tersebut. lalat rumah memang biasanya muncul karena tempat yang kurang bersih maupun karena mencium aroma yang mereka sukai. namun satu hal yang unik dari lalat kalau kita amati adalah kemunculannya yang seperti jam kerja manusia, biasanya lalat mulai muncul pada pagi hari dan sore hari sudah lenyap entah kemana, malam hari jarang sekali ada lalat berkeliaran kecuali yang terperangkap cahaya listrik.


ada beberapa cara untuk mengusir lalat rumah, perlu diperhatikan disini mengusir bukanlah membunuh lalat, karena sekali lalat dibunuh lain hari akan muncul lagi lalat yang lain, kalau sekedar untuk membunuh lalat ini banyak hal yang bisa dilakukan antara lain :

  1. semprotkan desinfektan, metode ini efektif untuk membunuh lalat namun kurang ramah terhadap linkungan karena kandungan bahan kimia bahkan bisa berakibat terhadap manusia.
  2. gunakan lem lalat, cara ini lebih ramah lingkungan dibanding metode diatas, karena hanya menggunakan lembaran kertas yang sudah diberi lem khusus dan aroma untuk memancing lalat mendekat
  3. perangkap elektrik, dengan alat ini lalat akan terperangkap ke dalam tabung dan akan terkena sengatan listrik pada alat ini, lalat pun akan langsung mati, alat ini biasanya menggunakan sinar ultra violet untuk mengundang lalat masuk ke perangkap
dengan membunuh lalat sebenarnya tidak efektif untuk mengusir lalat dari ruman, karena hanya akan menghilangkan sesaat saja, hal yang lebih efektif adalah dengan mengusir lalat dari rumah kita, beberapa cara yang bisa dilakukan dan bahkan hal-hal ini dengan metode yang alami sehingga tidak akan menimbulkan dampak negatif, beberapa cara mengusir lalat rumah secara alami adalah :
  1. nyalakan lilin, lalat tidak mau mendekat dengan lilin yang menyala karena panasnya dan kilatan cahaya dari api yang tidak disukai lalat, taruh lah lilin di tempat-tempat yang dihinggapi lalat.
  2. gantungkan plastik bening berisi air putih, cara ini banyak dilakukan rumah makan padang untuk mengusir lalat dan ternyata efektif.
  3. nyalakan kipas angin, udara yang sirkulasinya baik membuat lalat tidak betah berlama-lama
  4. gunakan wewangian alami, wangi-wangi yang tidak disukai lalat maupun serangga pada umumnya antara lain : Cengkeh, Daun Pandan, Lavender. taruhlah bahan-bahan tersebut di tempat lalat biasanya hinggap, untuk memunculkan aroma yang kuat pada Pandan, irislah tipis-tipis daun pandan agar aromanya keluar, sedangkan untuk Cengkeh padukan dengan apel, caranya irislah apel yang sudah matang menjadi dua bagian dan tancapkan merata cengkeh pada irisan apel dan taruh pada tempat yang dikehendaki, lalatpun akan enggan mendekat
hal yang perlu diperhatikan adalah sifat lalat yang suka hinggap ditempat sampah dan kotoran, untuk mengatisipasi lalat hendaknya selalu jagalah kebersihan tempat, tutup tempat sampah dan hindarkan dari aroma-aroma yang tidak enak dari ruangan.

semoga bermanfaat.

Read more »

10 Cara Aman Menggunakan Microwave


Microwave merupakan produk elektronik terpenting yang layak dimiliki setiap keluarga di dapurnya. Cara kerjanya yang sangat praktis, serta dijamin kebersihan dilingkungan dapur membuatnya layak terutama bagi Anda yang suka memasak.
10 cara aman menggunakan microwave sebagai berikut :

1. Gunakan wadah yang aman
Artinya wadah tersebut dibuat khusus untuk microwave, yang pasti tahan panas.  Jangan pernah memakai wadah yang terbuat dari logam (mangkok, piring dari logam), karena akan berakibat fatal, yakni bisa memunculkan percikan api.

2. Pastikan penutup makanan memiliki lubang      
Jika Anda menutup makanan saat memasak menggunakan microwave, pastikan Anda membubuhkan lubang di penutupnya sebagai ventilasi. Jika tidak, Anda dapat mencelakai diri sendiri yakni ada letupan panas, terutama ketika hendak membuka tutup setelah masakan matang.

3. Aduk makanan saat dimasak
Aduklah makanan yang Anda makan selama dimasak dengan microwave. Waktu yang tepat adalah saat setengah dari waktu memasak yang disarankan. Hal ini akan menghilangkan kemungkinan munculnya area beku. Area beku tersebut merupakan tempat yang tumbuhnya bakteri yang dapat menyebabkan Anda sakit.

4. Biarkan makanan sejenak
Setelah microwave selesai dimasak, hal yang penting yang bisa Anda lakukan adalah membiarkannya sejenak untuk beberapa menit. Jika tidak hati-hati, tangan Anda bisa melepuh dibuatnya.

5. Hati-hati ketika memindahkan makanan dari microwave
Kadangkala, ketika makanan selesai dimasak, wadah yang dipakai buat memasak terasa dingin. Namun jangan salah, makanan yang berada didalamnya masih panas. Gunakanlah sarung tangan oven untuk memindahkan makanan dari microwave.

6. Jangan meninggalkan microwave memasak pop corn
Jangan coba - coba meninggalkan microwave saat memasak pop corn kalau tidak ingin makanan yang berasal dari jagung ini gosong.

7. Jangan operasikan microwave saat kosong
Jangan pernah menekan tombol start saat microwave dalam keadaan kosong. Gelombang micronya akan melambung dan menabrak dinding interior microwave. Kondisi ini dapat menyebabkan kebakaran.

8. Bersihkan microwave secara teratur
Membersihkan microwave Anda secara teratur akan mencegah tumbuhnya bakteri didalamnya.

9. Jangan gunakan lagi microwave Anda jika pintunya rusak 
Jika pintu microwave Anda rusak atau tidak dapat ditutup sempurna, lebih baik jangan di gunakan lagi. Sebab microwave seharusnya tertutup rapat dan terkunci saat proses memasak.

10.Jangan coba memperbaiki sendiri
Jika microwave Anda rusak, jangan coba - coba memperbaiki sendiri. Cek garansi yang Anda peroleh ketika membelinya.

sumber  : tokoprogo

Read more »

Tips Meranumkan Mangga Mentah


Berjalan-jalan di pasar yang dipenuhi dengan aneka sayur dan buah-buahan membuat Anda serasa berada di surga makanan. Menengok ke kiri dan kanan tersusun rapi buah-buah segar nan menggoda iman. Ada sebuah suara lantang berteriak "Mangga manis...semanis yang beli...Mangga manis Neng? buat Neng yang juga manis..." Anda dengan tersipu malu karena pujian mang penjual Mangga langsung bergegas membeli 5 kilo Mangga tanpa berpikir manis atau tidak rasanya. Dalam benak Anda pasti rasanya semanis pujian si mamang.

Sampai di rumah Anda air liur yang sudah tak terbendung menuntut Anda untuk segera menuju dapur, mencuci dan berniat mengupas. Satu Mangga ternyata masih mentah, sebuah lagi Anda ambil dan dikupas ternyata sama mentahnya. Wah si mamang penipu!

Dengan geram Anda akhirnya meratapi beberapa kilo mangga yang masih ada di dalam tas belanja Anda. Apakah Anda masih ingin memakan Mangga manis?

Ikuti cara cerdas berikut ini, ambil beberapa lembar koran, bungkus satu per satu mangga dengan koran kemudian letakkan di dalam sebuah ember. Jangan masukkan ke dalam lemari pendingin karena proses pematangannya akan lebih lama. Saat Mangga dibungkus dengan kertas, gas etil (hormon tumbuhan yang membantu proses pematangan buah) yang umumnya terdapat di setiap buah akan berusaha keluar, proses inilah yang akan membuat Mangga lebih cepat ranum. Tempatkan pada tempat yang cukup hangat. Dua atau tiga hari kemudian Mangga manis seperti kata si mamang dapat Anda nikmati.

sumber : tokoprogo

Read more »

Tips Menghilangkan Kerak Pada Alat Masak Anda


http://4.bp.blogspot.com/_qxwuwAtvj9I/S0ydECaxLAI/AAAAAAAABXQ/tAkTIadnVlw/s200/kerak.jpg

Mungkin bagi para ibu rumah tangga, sudah tidak asing lagi dengan kerak yang menempel pada panci atau wajan setelah selesai memasak. Mungkin, kita sering kali bingung, bagaimana cara menghilangkan kerak tersebut.

Berikut ini ada beberapa tips , bagaimana menghilangkan kerak yang biasa menempel pada wajan atau alat masak Anda.

bahan yang diperlukan:
baking soda
air mendidih
sabun pencuci piring

caranya:
  • ambil wajan / panci yang berkerak tadi, kemudian taburi dengan baking soda.
  • rendam wajan / panci yang berkerak tadi dalam air panas, diamkan sekitar 15 menitan
  • abis itu cuci deh panci seperti biasa dengan sabun pencuci piring.
  • Read more »

    Tips Menghilangkan noda teh pada cangkir

    Cangkir yang berisi minuman teh sebaiknya segera dicuci setelah diminum, supaya tidak meninggalkan noda. Namun, sering kita kelupaan atau terlalu malas mencuci karena cucian piring belum banyak, misalnya. Akibatnya, cangkir jadi bernoda. Demikian juga noda yang ada dibagian luarnya

    Untuk membuatnya menjadi bersih, caranya mudah. Mungkin aneka cangkir, mug dan poci keramik perlu sentuhan kecil agar tampil lebih cerah dan cantik. Tak perlu keluar biaya untuk membeli yang baru. Coba saja simak beberapa tips di bawah ini :

    • Siapkan soda kue dan spons yang lembut. Bilas cangkir, poci atau mug dengan air bersih, kemudian basahi spons dengan sedikit air, taburkan sedikit soda kue ke bagian yang kotor lalu gosok - gosok hingga rata. Diamkan sebentar lalu bilas dengan air bersih. Lakukan cara yang sama untuk bagian luar. Untuk bagian yang terselip, gunakan sikat gigi bekas untuk menggosoknya. Hasilnya, keramik akan terlihat lebih bersih dan cemerlang seperti baru.
    • Bisa juga menggunakan air jeruk lemon saat membersihkan. Gosok bagian dalam cangkir yang berwarna kecokelatan bekas teh atau kopi dengan jeruk limau beberapa kali. Kemudian cuci lagi dengan sabun.
    • Apabila noda sudah terlalu lama dan sulit dihilangkan, rendam cangkir dengan air yang dicampur obat pemutih, diamkan semalaman. Esok harinya cuci dengan sabun hingga bau obat pemutih hilang.

    Sumber : toko progo

    Read more »

    Tips Membersihkan karat pada kompor gas

    http://www.lautanindonesia.com/images/serbarasa/12402879461.jpg

    Tempat nyala api (burner) kompor gas yang terbuat dari tembaga atau kuningan mudah menjadi hitam dan berkarat.

    Untuk membersihkannya, burner yang kotor, direndam dalam larutan asam sitrat (biasa dipakai untuk pembuatan manisan buah).


    Caranya, larutkan satu sendok makan asam sitrat ke dalam satu gelas air panas (100 cc), kemudian rendam burner ke dalam larutan itu selama 2 - 4 jam. Sikat hingga warna asli burner muncul lagi, lalu bilas dengan air bersih.
    Kandungan kimia dalam asam sitrat membuat karat dan kotoran menjadi mudah dibersihkan.

    sumber : tokoprogo

    Read more »

    Tips Aman, Murah dan Alami Sembukan Sakit Maag


    maag .. siapa sih yang tidak kenal sakit maag, penyakit perut yang satu ini banyak sebab dan kalo lagi menyerang sakitnya luar binasa, apalagi kalo sampai ke level akut bisa mengundang malaikat maut dan ajal pun senang hati menjemput haha .. yah memang karena perut tidak masuk garansi, tidak ada cangkok perut dan tidak bisa tukar tambah ataupun diupgrade, kebanyakan sakit maag disebabkan tidak teraturnya pola makan dan ada beberapa penyebab lain, maka anjuran utama untuk menghindari sakit maag adalah keteraturan pola makan, namun jika sudah terlanjur mengidap maag solusinya adalah dengan pengobatan

    di pasaran banyak dijual obat maag dengan buaian iklan yang begitu menggoda, obat maag itu kebanyakan dibuat dengan bahan-bahan kimia yang menurut referensi dari buku "The Miracle of Enzym" karangan Hiromi Shinja, obat maag itu memang secara instan bisa menyembuhkan sakit yang mendera namun mempunyai efek degeneratif akan menyebabkan penyakit lain yang tidak dirasakan secara langsung karena bersifat akumulatif. bagi sobats yang sudah pernah membaca buku ini pasti tahu alasannya, oh iya buku ini sangat rekomended, disana sobats akan menemukan banyak hal yang selama ini kita anggap "sehat" ternyata berefek sebaliknya, baca deh ... (gak iklan lho, share aja) .. sekarang kayaknya udah ada buku lanjutannya, saya lupa judulnya, belum sempat beli, baru kemaren liat di toko buku...

    kembali ke permasalahan, berkaitan dengan sakit maag, sebenarnya ada cara yang mudah, gampang, murah dan alami untuk menyembuhkan sakit maag yaitu denganmengkonsumsi singkong ... tips ini berdasarkan pengalaman seroang kawan yang pernah sakit maag dan mencoba resep ini dan terbukti sembuh kata dia pula resep ini dari kakaknya yang pernah sakit maag akut dan sekarang sudah sembuh.

    cara mengkonsumsi yang paling dianjurkan adalah dengan dibakar, singkong yang sudah dibakar dikerik angusnya (bahasa indonesianya apa ya ?) lalu dikonsumsi, rajin-rajinlah mengkonsumsi singkong bakar ini dan buktikan khasiatnya dalam dua minggu, insya allah sembuh.

    cara lain adalah dengan berpuasa, puasa terbukti banyak menyembuhkan penyakit, logikanya adalah dengan berpuasa kita memberikan istirahat organ-organ kita, tubuh kita ibarat mesin dalam sebuah kendaraan yang perlu didinginkan dulu kalau sudah panas, apalagi mesin tubuh kita, perlu diingat sebagian besar penyakit bersumber dari perut kita, maka bijak-bijaklah mengkonsumsi makanan

    semoga bermanfaat.

    Read more »

    Tips Membersihkan Karpet

    Karpet sering digunakan orang untuk mempercantik suatu ruangan. Biasanya ruangan yang berkarpet pun terkesan hangat dan nyaman. Tapi bila tidak dirawat, karpet menjadi cepat kusam dan tak cantik lagi. Lebih gawat lagi, karpet yang tidak dibersihkan sering menjadi sarang kuman dan tungau penyebab alergi. Sudah itu, baunya apek pula.
    Berikut ini adalah cara-cara untuk merawat karpet agar terlihat tetap cantik, bersih dan tidak cepat rusak.

    • Gunakan mesin penyedot debu (vacuum cleaner) untuk membersihkan karpet minimal 3 kali seminggu.
    • Karpet dicuci bersih dengan menggunakan sabun khusus untuk karpet setidaknya 6 bulan sekali. Jikalau merasa terlalu berat untuk mencuci sendiri, Anda bisa memasukkan karpet ke jasa binatu. Ongkosnya tak seberapa mahal, sekitar Rp. 50.000,- untuk karpet berukuran sedang.
    • Ubah posisi karpet 2-3 bulan sekali. Maksudnya, putar karpet sedemikian rupa sehingga bagian yang sering terinjak atau dilewati orang bisa berganti posisi.
    • Perhatikan letak jendela dan arah sinar matahari yang masuk ke ruangan tersebut. Warna karpet akan cepat memudar jika terkena langsung oleh sinar matahari. Untuk mengatasinya, ubah posisi karpet 2-3 bulan sekali. Hal ini bisa pula diatasi dengan menutup jendela atau menurunkan vitrage.
    • Bau apek pada karpet dapat diatasi dengan memercikkan sedikit baking soda ke atas karpet. Tunggu 30 menit, kemudian baru dibersihkan dengan menggunakan penghisap debu.
    • Untuk mengatasi bau yang lebih tajam, cucilah bagian yang berbau tersebut dengan 20 bagian cuka dicampur dengan 80 bagian air. Gunakan lap bersih yang dibasahi dengan larutan air cuka tadi. Tidak dianjurkan menggosok bagian itu dengan sikat. Noda yang bau harus segera dibersihkan. Semakin lama noda tersebut menempel, semakin sulit membersihkannya.

    Khusus untuk karpet baru. Saat karpet baru dipasang atau dibentang di lantai, semacam debu berterbangan. Bila terhisap, debu ini bisa menyebabkan iritasi mata, tenggorokan gatal dan bahkan pusing-pusing pada sebagian orang. Meskipun, sampai saat ini belum diketahui dengan jelas apakah debu tersebut berbahaya untuk kesehatan atau tidak, tapi efeknya sungguh mengganggu.Untuk mengatasinya, sebelum karpet dikirim ke rumah kita, mintalah toko karpet untuk membersihkan/ menghisap debu karpet tersebut.

    Pada saat memasang karpet, terutama karpet yang dipasang melapisi seluruh lantai ruangan, usahakan agar ventilasi di ruangan tersebut betul-betul baik. Kalau perlu buka pintu dan seluruh jendela. Setelah karpet dipasang, sebaiknya jangan menggunakan ruangan tersebut setidaknya selama 72 jam

    sumber : tokoprogo

    Read more »

    Cara Mengusir tikus rumah

    Keberadaan tikus-tikus yang kian hari kian menggelikan bentuknya itu pasti sangat mengganggu. Baunya pun tak sedap, apalagi sekarang penyakir Leptospirosis sedang merebak. Ada berbagai cara mengusir tikus (bukan hamster ya).
    1. Memelihara hewan seperti jangkrik, kucing atau ular bisa menjadi salah satu cara. Tapi tentu ada efek samping yang menimbulkan masalah lain. Jangkrik, diyakini tikus tak suka dengan suara jangkrik. Tapi selain tikus, kuping Anda pun mungkin agak terganggu dengan suara sang jangkrik. Kucing, mungkin efektif untuk tikus-tikus yang berukuran mini. Tapi untuk tikus-tikus raksasa, kucing Anda mungkin akan lari terbirit-birit karena kalah ukuran badan. Ular, mungkin Anda harus meyakinkan diri Anda sendiri terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk memelihara hewan yang satu ini.
    2. Alat pengusir tikus elektrik. Selain harganya mahal, alat ini sudah mulai banyak dikeluhkan karena kurang ampuh.
    3. Minyak mint. Oleskan minyak mint pada selembar karton dan letakkan di tempat-tempat yang biasa dilalui oleh tikus. Tikus tidak suka bau mint.
    4. Racun tikus. Cara ini sangat ampuh. Tapi tikus-tikus yang telah menelan racun seringkali mati di tempat-tempat yang tersembunyi sehingga bangkainya menimbulkan bau yang tak sedap.
    5. Perangkap tikus. Anda dapat memancing tikus untuk masuk ke dalam perangkap Anda dengan meletakkan sepotong daging atau selai kacang/coklat. Pastikan jebakan Anda terpasang dengan tepat agar umpan Anda tak sia-sia.
    6. Kapur barus. Hancurkan kasar kapur barus kemudian sebarkan di tempat-tempat yang biasa dilalui tikus. Cara ini cukup efektif. Murah meriah. Tikus pergi, rumah Anda pun wangi.
    Hal penting yang harus diingat adalah jagalah kebersihan. Mari hidup sehat dengan meminimalisir kehadiran tikus-tikus pembawa penyakit itu ke rumah Anda. Semoga bermanfaat!

    sumber : tipsrumah

    Read more »

    Tips Membersihkan Kompor Gas Dengan Cepat

    Program pembagian kompor gas gratis yang dilakukan pemerintah terkait erat dengan ketersediaan minyak tanah yang kian menipis. Lagi pula sudah bukan zamannya lagi memasak dengan kompor minyak tanah. Selain boros bahan bakar, api yang dihasilkannya tidak merata dan kurang sempurna. Ruang dapur pun terkena dampaknya dengan bau sangit yang sulit hilang.

    Walaupun kompor gas cenderung bersih dan praktis pemakaiannya, tetap membutuhkan perawatan agar kompor tetap awet, apinya menyala biru dan kondisi fisiknya tetap menarik. Berikut ini ada beberapa tips perawatan yang bisa dilakukan antara lain:

    1. Untuk menjaga api tetap menyala biru, belilah gas pada agen resmi Pertamina agar kualitasnya terjamin.
    2. Setiap habis masak, bersihkan selalu tungku agar tetap bersih dari debu, minyak , air, dan kotoran lainnya. Dengan kondisi tungku yang bersih, niscaya api tetap menyala biru.
    3. Secara kontinyu periksa regulator yang berfungsi mengatur tekanan gas dari tabung LPG. Pastikan regulator tersebut terpasang dengan benar. Tekanan yang ideal untuk kompor ada pada posisi low presure. Hindari tekanan yang melebihi kekuatan tabung karena berisiko terjadi ledakan.
    4. Setelah memasak, selalu bersihkan bagian badan atau bodi kompor. Jangan tunggu sampai mengerak karena akan semakin sulit membersihkannya.
    5. Bila masih ada minyak yang menempel, lap dengan kertas bekas, baru kemudian dengan kain.
    6. Untuk membersihkan tungku, lepas seluruh bagiannya. Lap dengan teliti satu persatu. Untuk bagian yang bergerigi sebaiknya menggunakan sikat plastik agar mudah menjangkaunya.

    Dengan perawatan yang benar dan dilakukan secara kontinyu, nisacaya kompor gas di rumah Anda bukan hanya awet tapi juga memiliki api yang menyala biru.


    sumber : tokoprogo.com

    Read more »

    Tips Memilih Durian

    Jika Anda termasuk penggemar berat buah yang satu ini, dapat dipastikan saat musim durian tiba, maka Anda bakal memborongnya. Entah untuk dimakan sendiri atau sebagai pemberian bagi kerabat terkasih. Agar tidak kecewa dengan buah durian yang dibeli, maka kenalilah ciri-ciri durian yang tergolong mantap.

    Bentuk Buahnya
    Durian yang memiliki bentuk unik dan tidak bulat, biasanya memiliki daging isi yang tebal, manis, dan berbiji kurus.

    Durinya
    Pilihlah durian yang memiliki duri yang jarang, besar dan agak tumpul karena biasanya durian jenis ini memiliki isi yang bagus, dagingnya kering dan manis. Selain itu, lebih mudah membukanya bukan?!

    Kulitnya
    Pastikan kulit luarnya tidak cacat. Jika ada cacat pada kulitnya (misalnya busuk atau ada lubang ulat), maka kemungkinan isi dalamnya busuk dan tidak dapat dinikmati.
    Jangan memilih buah yang kulitnya sudah retak atau pecah pada ujungnya. Retak atau pecahnya kulit durian akan membuat isi di dalamnya bercampur dengan udara bebas sehingga rasa buah tersebut menjadi asam atau tawar.

    Baunya
    Durian yang matang akan mengeluarkan aroma yang kuat dan harum. Untuk itu sebelum membelinya cobalah sedikit merapatkan hidung Anda pada durian.
    Kalau kurang berbau, artinya durian tersebut tidak sempurna matangnya. Dicurigai buah tersebut matang tidak secara alami melainkan telah dikarbit atau diperam. Buah yang seperti ini tidak lagi segar dan rasanya kurang nikmat.

    Menggoncangkan Durian
    Anda juga bisa mengecek kelayakan durian dengan cara ini. Gunakan semua jari tangan dan kedua telapak tangan Anda. Tempelkan kedua telapak tangan Anda pada buah durian, diikuti dengan jari-jari tangan Anda, dan pegang erat.

    Dengan menggabungkan seluruh jari dan kedua telapak tangan akan mengurangi tekanan dari durinya. Nah, Kemudian gunakan tenaga pada lengan Anda untuk mengangkatnya.

    Jika berhasil, cobalah menggoncangkannya perlahan-lahan. Setelah yakin Anda bisa melakukannya, cobalah menggoncangkan sedikit agak keras.

    Jika Anda merasakan getaran kecil, itu artinya isi buah tersebut kering dan matang, karena isi yang kering akan terpisah dari dinding kulit dalam. Sedangkan isi yang lembab atau terlalu lunak akan melekat.

    Memukul Durian
    Gunakan gagang pisau, pastikan bunyinya seperti buk…buk….buk…

    Semoga tips ini bermanfaat buat penggemar durian.

    sumber : tokoprogo.com

    Read more »

    Tips Mencegah Bahaya Listrik

    Tidak bisa dipungkiri bila kegiatan industri di berbagai sektor seperti halnya rumah sakit, pusat perbelanjaan, sekolah, perkantoran, bahkan rumah tangga sangat tergantung pada listrik.

    Walaupun dalam kondisi tertentu seperti listrik mati fungsinya bisa dialihkan pada genset, namun keberadan listrik tetap penting artinya.

    Keberadan alat-alat elektronik seperti AC, kulkas, kompor listrik, oven, kipas angin, penanak nasi listrik, dan lain sebagainya yang memudahkan pekerjaan rumah tangga sangat tergantung pada listrik. Walaupun mempermudah, harus diingat bahwa tetap berisiko jika perawatannya diabaikan. Apalagi jika di rumah Anda ada anak usia balita.

    Oleh karena itu, agar listrik tetap aman dan nyaman digunakan, ada beberapa tips dari PT PLN yang bisa diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari, antara lain:

    1. Jangan menumpuk stop kontak pada satu sumber listrik.

    2. Gunakan pemutus arus listrik (sekering) yang sesuai dengan daya tersambung, jangan dilebihkan atau dikurangi.

    3. Kabel-kabel listrik yang terpasang di rumah jangan dibiarkan ada yang terkelupas atau dibiarkan terbuka.

    4. Jauhkan sumber-sumber listrik seperti stop kontak, saklar dan kabel-kabel dari jangkauan anak-anak.

    5. Biasakan menggunakan material listrik seperti kabel, saklar, stop kontak, steker (kontak tusuk) yang telah terjamin kualitasnya dan berlabel SNI (Standar Nasional Indonesia) / LMK (Lembaga Masalah Kelistrikan) / SPLN (Standar PLN).

    6. Pangkaslah pepohonan yang ada di halaman rumah jika sudah mendekati atau menyentuh jaringan listrik.

    7. Hindari pemasangan antene televisi terlalu tinggi sehingga bisa mendekati atau menyentuh jaringan listrik.



    8. Jangan pernah mencoba mencantol listrik, mengutak-atik KWH Meter atau menggunakan listrik secara tidak sah.



    9. Biasakan bersikap hati-hati, waspada dan tidak ceroboh dalam menggunakan listrik.

    sumber : tokoprogo.com

    Read more »

    Tips Menjaga Lemari Es Anda Supaya Hemat Listrik

    http://www.lautanindonesia.com/images/serbarasa/12155119591.jpg

    Pembelian lemari es yang baru adalah suatu pembelian peralatan dapur yang utama.

    Sekarang ini, membeli kulkas jauh lebih mudah karena beragam keunggulan sudah ada di kulkas yang paling murah sekalipun.

    Dibawah ini ada beberapa tips agar lemari es Anda hemat energi :

    1. Baca petunjuk buku terlebih dahulu, Anda akan menemukan berbagai tips untuk membantu Anda untuk menggunakan lemari es yang lebih efisien.
    2. Jika debu atau rambut binatang kesayangan berkumpul di bagian mesin dan motor lemari es, motor harus bekerja lebih keras dan akan menggunakan banyak listrik.
    3. Bersihkan mesin dan motor lemari es secara teratur, dan meyakinkan bahwa udara dapat beredar dengan bebas disekitarnya.
    4. Karena motor dan penekanan menghasilkan panas, Anda harus meluangkan ruang yang cukup disekitar lemari es Anda untuk udara agar beredar dengan bebas. Jika panas tidak bisa keluar, sistem penyejuk harus bekerja lebih keras dan menggunakan lebih banyak listrik.
    5. Jika mengisi lemari es, pastikan Anda tidak memuat hingga melewati pintu dan rak lemari es. Jika udara tidak bisa beredar di lemari es, pemakaian energi akan menjadi kurang efisien.
    6. Meyakinkan bahwa karet penutup disekitar pintu bersih dan ditutup rapat. Jika menutup pintu, karet penutup harus bisa memegang selembar kertas pada tempatnya. Jika kertas dengan mudah keluar, berarti sudah waktunya untuk mengganti karet tersebut.
    7. Menghindari lemari es Anda dari sumber panas dan sedikitnya berjarak 5 hingga 7 cm dari dinding sehingga udara dapat beredar.
    sumber : tokoprogo.com

    Read more »

    Tips Menghemat Listrik

    Buat yang mau mencoba hemat pemakaian listrik di rumah, ada rangkuman tips dari berbagai sumber yang bisa membantu untuk penggunaan alat rumah tangga sehari-hari. Mudah-mudahan ada hasilnya di rekening akhir bulan nanti ...


    Lampu Penerangan

    Pilih lampu yang daya dan ukurannya sesuai dengan kebutuhan.
  • Manfaatkan cahaya alami yang optimal
  • Lampu dan rumah lampu dijaga agar selalu bersih
  • Pilih lampu hemat energi
  • Sesuaikan jumlah titik dan daya (Watt )
  • Bila ada, gunakan listrik tenaga surya terutama untuk penerangan luar atau lampu taman
  • Kurangi pemakaian lampu 2 x 25 watt pada pukul 17.00-22.00

  • Lemari Es

    • Pintu lemari es harus selalu ditutup rapat dan dibuka seperlunya
    • Jangan memasukan makanan dan minuman yang masih panas ke dalam lemari es
    • Jauhkan lemari es dari sumber panas
    • Isilah lemari es secukupnya
    • Bersihkan kondensor secara teratur, setidaknya 1 tahun sekali
    • Periksa segel karet disekitar pintu kulkas. Hilangkan sisa makanan yg membeku sehingga tidak merusak segel
    • Jika pergi berlibur dalam waktu yang cukup lama, bersihkan lemari es dan matikan aliran listriknya

    AC (Air Conditioning)

    • Matikan AC bila ruangan tidak digunakan
    • Atur suhu ruangan sesuai kebutuhan
    • Hindari kebocoran udara luar
    • Pakailah timer switch untuk mengatur pemakaian sesuai kebutuhan

    Alat Pemanas

    • Hindari penggunaan alat pemanas listrik kecuali setrika, namun bila terpaksa perhatikan hal-hal berikut :
    • Gunakan alat pemanas hanya pada saat benar-benar diperlukan
    • Pemanas air dengan LPG jauh lebih hemat energi
    • Gunakan pemanas air tenaga surya yang bebas biaya energi
    • Gunakan peralatan pada siang hari
    • Pilihlah ukuran yg sesuai dengan yang diperlukan
    • Bersihkan kantong debu segera setelah digunakan

    Mesin Cuci

    • Gunakan mesin cuci sesuai dengan kapasitasnya, isi air sesuai petunjuk
    • Hindari penggunaan pengering listrik, gunakan panas matahari untuk pengeringan secara alami
    • Sebaiknya ditentukan jadwal untuk mencuci 2 atau 3 hari sekali

    Setrika Listrik


    • Bersihkan bagian bawah seterika dari kerak atau kotoran, karena bisa menghambat masuknya arus panas listrik
    • Gunakan setrika otomatis karena lebih hemat listrik
    • Atur setrika listrik, sesuai dengan tingkat panas yang diperlukan
    • Sebaiknya setrika baju dengan jumlah banyak dalam waktu sekali kerja

    Mesin Pompa Air

    • Gunakan penampung air otomatis dalam bak sehingga aliran listrik akan terputus / pompa berhenti bekerja jika bak sudah penuh
    • Gunakan air secara hemat dan cegah kebocoran air pada kran atau pipa

    Alat Memasak dari listrik

    • Biasakan memasak untuk sekali masak
    • Lebih baik tidak menggunakan penghangat untuk nasi

    Contoh pemakaian listrik rumah tangga (Daya listrik : 900 W)

    1 Seterika 350 watt, 2 jam/hari : 0,70 kWh/hari
    1 Pompa air 150 watt, 3 jam/hari : 0,45 kWh/hari
    1 Kulkas sedang 100 watt, 6 jam/hari : 0,60 kWh/hari
    1 TV 20" 110 watt, 6 jam/hari : 0,66 kWh/hari
    1 Rice cooker 300 watt, 2 jam/hari : 0,60 kWh/hari
    6 Lampu hemat energi 20 watt, 6 jam/hari : 0,72 kWh/hari
    4 Lampu hemat energi 10 watt, 6 jam/hari : 0,24 kWh/hari


    sumber : tokoprogo.com

    Read more »