Tips Membersihkan Kompor Gas Dengan Cepat

Program pembagian kompor gas gratis yang dilakukan pemerintah terkait erat dengan ketersediaan minyak tanah yang kian menipis. Lagi pula sudah bukan zamannya lagi memasak dengan kompor minyak tanah. Selain boros bahan bakar, api yang dihasilkannya tidak merata dan kurang sempurna. Ruang dapur pun terkena dampaknya dengan bau sangit yang sulit hilang.

Walaupun kompor gas cenderung bersih dan praktis pemakaiannya, tetap membutuhkan perawatan agar kompor tetap awet, apinya menyala biru dan kondisi fisiknya tetap menarik. Berikut ini ada beberapa tips perawatan yang bisa dilakukan antara lain:

  1. Untuk menjaga api tetap menyala biru, belilah gas pada agen resmi Pertamina agar kualitasnya terjamin.
  2. Setiap habis masak, bersihkan selalu tungku agar tetap bersih dari debu, minyak , air, dan kotoran lainnya. Dengan kondisi tungku yang bersih, niscaya api tetap menyala biru.
  3. Secara kontinyu periksa regulator yang berfungsi mengatur tekanan gas dari tabung LPG. Pastikan regulator tersebut terpasang dengan benar. Tekanan yang ideal untuk kompor ada pada posisi low presure. Hindari tekanan yang melebihi kekuatan tabung karena berisiko terjadi ledakan.
  4. Setelah memasak, selalu bersihkan bagian badan atau bodi kompor. Jangan tunggu sampai mengerak karena akan semakin sulit membersihkannya.
  5. Bila masih ada minyak yang menempel, lap dengan kertas bekas, baru kemudian dengan kain.
  6. Untuk membersihkan tungku, lepas seluruh bagiannya. Lap dengan teliti satu persatu. Untuk bagian yang bergerigi sebaiknya menggunakan sikat plastik agar mudah menjangkaunya.

Dengan perawatan yang benar dan dilakukan secara kontinyu, nisacaya kompor gas di rumah Anda bukan hanya awet tapi juga memiliki api yang menyala biru.


sumber : tokoprogo.com

0 comments:

Poskan Komentar

bagaimana pendapat anda ?