Cara usir bau tak sedap dalam ruangan

Cara usir bau tak sedap dalam ruangan. ruangan yang berbau tidak sedap tentu tidak nyaman untuk digunakan untuk beraktifitas, bau apek menyebabkan kita tidak betah berada dalam suatu ruangan, apalagi jika itu ruangan dalam rumah, bisa-bisa rumah tidak jadi tempat tinggal karena penghuninya tidak betah berlama-lama di rumah. penyebab bau tidak sedap sangat beragam baik karena asap rokok, ruangan pengap karena sirkulasi tidak baik ataupun karena bau cat yang masih baru.


untuk mengembalikan suasana yang menyenangkan dalam suatu ruangan ada beberapa cara usir bau tak sedap dalam ruangan, beberapa tips yang bisa dilakukan adalah :
mengusir bau rokok
cara yang mudah dan alami untuk mengusir bau asap rokok adalah dengan menempatkan tanaman lidah mertua atau sansevieria. tanaman ini selain tahan di dalam ruangan yang dipenuhi asap rokok dan mampu hidup di tempat yang minim cahaya dalam waktu yang lama. sansevieria bisa menyerap lebih dari 100 jenis polutan disamping kemampuannya memproduksi oksigen sepanjang hari.
cukup letakkan tanama lidah mertua ini di sudut-sudut ruangan yang berbau rokok, perlahan-lahan aroma asap rokok akan hilang. selain menghilangkan bau asap rokok tanaman ini pun mampu memberikan kesegaran ruangan karena kemampuannya memproduksi oksigen sepanjang hari.
mengusir bau apek
ruangan atau kamar yang jarang ditempati atau karena sirkulasi udara yang tidak baik akan menyebabkan ruangan menjadi apek. cara menghilangkan bau apek ini cukup dengan meletakkan buah pala yang ditumbuk dan ditempatkan pada wadah, letakkan di sudut-sudut ruangan. bau apek berangsur-angsur akan hilang.

mengatasi bau cat
cat yang masih baru biasanya meninggalkan bau menyengat yang sangat tidak nyaman. cara alami untuk mengatasi aroma cat ini adalah dengan menambahkan essen vanila ke dalam cat dan diaduk rata. selain aroma cat akan berkurang warna cat pun tidak akan berubah. seandainya bau cat masih terasa, kita bisa menggunakan pengharum ruangan yang alami dengan kulit jeruk misalnya.
cara membuat pengharum alami dari kulit jeruk adalah sebagai berikut :


  • angin-anginkan kulit jeruk selama beberapa hari
  • campurkan kulit jeruk dengan essens jeruk manis
  • simpan campuran tersebut dalam kantong plastik selama 1 - 2 pekan
  • kocok campuran itu sesekali
  • pindahkan campuran ke dalam wadah dan gunakan sebagai pewangi alami
beberapa cara tersebut adalah cara usir bau tak sedap dalam ruangan. semoga bermanfaat.



2 komentar:

  1. this good for healthy magz. (,")

    BalasHapus
  2. benar-benar tips yang sangat baik untuk saya, karena saya seorang cewe dalam satu ruangan sama banyak cowo yang hoby merokok semua. terima kasih atas informasinya, sangat bermanfaat sekali ni.

    BalasHapus

bagaimana pendapat anda ?